Rabu, 27 November 2013

LOMBA KARYA TULIS ILMIAH KE VII




deskripsi kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah Ke VII

                                                         Lampiran :
                                                            Nomor: 003/Pan-LKTI-VII/SEMAFP/I/2014

DESKRIPSI KEGIATAN
                                                                                  
Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Ke VII merupakan kegiatan kompetisi antara pelajar SMA/Sederajat Se-Wilayah Priangan Timur Dan Kabupaten Cilacap.
A. Definisi
            Karya tulis merupakan tulisan ilmiah hasil dari kajian pustaka dari sumber terpercaya yang berisi solusi kreatif dari permasalahan yang dianalisis secara runtut dan tajam, serta diakhiri dengan kesimpulan yang relepan.
B.  Persyaratan Peserta
Persyaratan Lomba Karya Tulis Ilmiah :
1.        Peserta LKTI Ke VII adalah Pelajar SMA/Sederajat Se-Wilayah Priangan Timur dan Kabupaten Cilacap yang dibuktikan dengan fotocofi kartu pelajar.
2.        Pelajar merupakan delegasi/perwakilan sekolah yang ditunjuk oleh pihak sekolah yang dibuktikan dengan surat rekomendasi dari kepala sekolah.
3.        Peserta sifatnya perseorangan dan hanya diperbolehkan mengirimkan satu karya tulis.
4.        Setiap sekolah diperbolehkan mengirim peserta lebih dari satu orang.
5.        Peserta belum pernah mengirimkan atau mempresentasikan karya tulis yang sama pada kompetisi lainnya.
6.        Berpakaian rapih dan sopan menggunakaan pakaian PSAS.
7.        Semua perlengkapan presentasi lomba karya tulis disiapkan oleh peserta dan panitia hanya menyediakan infokus serta overhead proyektor/ OHP.



C.    Tata Tertib Peserta
Tata Tertib Peserta
Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Ke VII
SEMA FAPERTA UNIGAL

1.      Peserta diwajibkan hadir 15 menit sebelum upacara pembukaan dimulai
2.      Seluruh peserta wajib mengikuti upacara pembukaan
3.      Menggunakan pakaian rapi dan sopan (menggunakan pakaian PSAS)
4.      Selama kegiatan berlangsung peserta tidak diperkenankan meningglkan ruangan atau lokasi
5.      Tidak boleh merokok selama Lomba Karya Tulis berlangsung
6.      Hasil keputusan juri mutlak tidak dapat diganggu gugat
7.      Tidak membawa narkoba dan senjata tajam
8.      Selama presentasi lomba karya tulis peserta dilarang berkomunikasi dengan guru pendamping
9.      Ketika presentasi berlangsung alat komunikasi atau HP peserta harus di non aktifkan atau mode silent/hening
10.  Ketika terjadi kesalahan atau gangguan pada waktu presentasi karya tulis peserta langsung meminta bantuan panitia.
D.    Tahapan Lomba
1.         Tahap Pengiriman Naskah Karya Tulis.
Ø  Pengiriman naskah karya tulis ilmiah diterima di Sekretariat SEMA Fakultas Pertanian Universitas Galuh  paling lambat Rabu, 8 Januari 2014      
Ø  Fotocopy kartu pelajar yang masih berlaku
Ø  Surat rekomendasi dari kepala sekolah
Ø  Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak dua buah
Ø  soft copy karya tulis dalam bentuk CD dimasukan dalam satu amplop.
Ø  Naskah Karya Tulis Dikirimkan Kepada :
Panitia Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Ke VII Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Galuh Telp. 0265 775018 Jl. RE. Martadinata No. 150 Ciamis 46251.
2.         Tahapan Seleksi Karya Tulis Ilmiah (diambil 10 besar dari jumlah peserta) pada tanggal 9-10 Januari 2014
3.         Seluruh naskah yang masuk akan diseleksi oleh ketiga dewan juri yang ditunjuk oleh panitia, dengan memperhatikan aspek-aspek penilaian yang telah tertera dibawah ini.



No
Kriteria Penilaian
Bobot
1.
Format makalah
a.    Tata tulis : ukuran kertas tipografi, keterampilan ketik, tata   letak, jumlah halaman.
b.    Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

10
2.
Kreatifitas gagasan                                              
a.    Kreatifitas inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat.
b.    Keaslian gagasan.
c.    Kejelasan mengungkapkan ide, sistematika pengungkapan ide.


35
3.
Topik yang dikemukakan
a.    Kesesuaian judul dengan tema, topik yang dipilih dan isi karya tulis.
b.    Aktualitas topik dan pokus bahasa yang dipilih.

10
4.
Data dan sumber inovasi
a.    Kesesuaian informasi dengan acuan yang digunakan.
b.    Kekuatan data dan informasi.

15

5.
Analisis sintesis, sintesis dan simpulan
a.    Kemampuan menganalisis dan mensintesis
b.    Kemampuan menyimpulkan bahasa.
c.    Kemampuan memprediksi dan mentransfer ilmu untuk dapat diadopsi.


30

Total Penilaian
100

1.      Tahapan pengumuman hasil seleksi dan technical meeting
Panitia LKTI Ke VII akan menghubungi peserta yang lolos seleksi pada Senin, 13 Januari 2014, diambil sebanyak 10 orang terbaik dan semua peserta yang masuk 10 besar harus mengikuti technical meeting untuk persiapan pelaksanaan presentasi LKTI Ke VII pada :
hari, tanggal                 : Selasa, 14 Januari 2014
waktu                          : 10.00 s/d Selesai
tempat                         : Lantai 2 Ruang Aula Fakultas Pertanian Universitas Galuh
             Jl. RE. Martadinata No. 150 Ciamis.
2.      Tahap Presentasi Karya Tulis Sekaligus Penentuan Juara 1, 2 dan 3.
Bagi peserta yang terpilih sampai 10 besar harus mempresentasikan karya tulisnya di depan dewan juri. Adapun pelaksanaannya akan dilaksanakan pada :
hari/tnggal                   : 16 Januari 2014
Waktu                          : 08.00 WIB s/d Selesai.
Tempat                        : Lantai 2 Aula Fakultas Pertanian Universitas Galuh

Penilaian Presentasi Karya Tulis Ilmiah
No
Kriteria Penilaian
Bobot
1.
Penyajian :
a.       Sistematika penyajian dan isi.
b.      Alat bantu.
c.       Penggunaan bahasa yang baku.
d.      Cara presentasi ( sikap ).
e.       Ketepatan waktu.



40
2.
Tanya jawab
a.       Kebenaran dan ketepatan jawaban.
b.      Cara menjawab.

60
60

Total Bobot
100

Penyajian disampaikan secara sistematis, menyeluruh dalam waku 15 menit. Penjelasan dilakukan menggunakan bahasa yang baku dan sikap yang menarik serta menggunakan alat bantu yang disediakan (panitia menyediakan overhead proyektor / OHP dan infokus). Penentuan undian urutan presentasi dilakukan pada hari tersebut.
Pemenang ditentukan oleh ketiga dewan juri berdasarkan sekor kumulatif (skor penilaian karya tulis dan presentasi) tertinggi. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

E.     Tema Karya Tulis Ilmiah
1.                   Strategi mewujudkan ketahanan pangan berbasis kearifan lokal
2.                   Pengebangan agroindustri pangan lokal unggulan
3.                   Dampak penyempitan lahan pertanian terhadap keadaan sosial ekonomi petani

F.     Rambu-rambu Penulisan Karya Tulis.
1.    Sistematika Penulisan.
a.    Bagian Awal
1.     Halaman Judul
v  Judul diketik dengan hurup kapital, hendaknya ekspresif, sesuai dengan tempat dengan masalah yang ditulis dan tidak menimbulkan penapsiran ganda.
v  Nama penulisan dan nomor induk siswa ditulis dengan jelas.
v  Logo sekolah.
v  Nama sekolah.
v  Tahun penulisan.
v  Kulit muka luar menggunakan kertas buffalo dengan warna hijau muda.
2.      Kata Pengantar dari Penulis.
3.      Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel,dan daftar lampiran.
4.      Ringkasan (bukan abstrak) karya tulis disusun 2 atau 3 halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metode penulisan, pembahasan, kesimpulan dan rekomendasi.
b.   Bagian Inti
1.    Pendahuluan
Bagian pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut :
v Perumusan masalah mencakup latar belakang tentang alasan mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis (dilengkapi dengan data atau informasi yang mendukung) dan penjelasan tentang makna penting dan menariknya masalah tersebut untuk ditelaah.
v Uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan.
v Tujuan dan manfaat yang ingin disampaikan.
v Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.

2.   Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka berisi hal-hal sebagai berikut :
v Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji
v Uraian mengenai pendapat terdahulu yang berkaitan dengan masalah yang dikaji
v Uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan.



3.    Metode Penulisan
Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat cara/prosedur pengumpulan data dan atau informasi, penggolongan data dan atau informasi, serta analisis sintesis.

4.    Analisis dan Sintesis
v Analisis permasalahan didasarkan pada data dan atau informasi serta tinjauan pustaka.
v Sintesis untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan kreatif.

5.    Simpulan dan Saran.
v Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan dan menjawab tinjauan.
v Saran disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan adopsi teknologi.

c.       Bagian Akhir
v daftar pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan.
v daftar riwayat hidup peserta .
v lampiran jika diperlukan yang mendukung isi tulisan.

2.        Persyaratan Penulisan.
a.    Naskah, mulai dari pendahuluan sampai dengan kesimpulan dan saran, ditulis minimal 20 halaman dan maksimal 30 halaman.
b.    Naskah diketik 1,5 spasi dengan menggunakan jenis dan ukuran huruf “ times new roman “, kecuali untuk ringkasan diketik satu spasi.
c.    Batas pengetikan : sampay kiri 4 cm, samping kanan 3 cm, batas atas 3 cm,dan batas bawah 3 cm.
d.   Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia yang baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan.
e.    Jenis kertas yang digunakan A4
G.    Rambu-rambu Pelaksanaan Presentasi
Pelaksanaan presentasi mengacu pada ketentuan sebagai berikut :
1.      Karya Tulis Ilmiah disajikan dalam waktu 15 menit.
2.      Tanya jawab dilakukan selama maksimal 30 menit.
3.      Pertanyaan dilakukan hanya oleh Dewan Juri.
4.      Selama presentasi peserta diwajibkan untuk berada dalam ruangan presentasi.
5.      Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.


H.    Penilaian dan Penghargaan
Penilaian karya tulis dilakukan oleh tim juri yang berjumlah 3 orang yang berasal dari Staf Pengajar Fakultas Pertanian Universitas Galuh dan memiliki pengalaman dalam menilai karya tulis. Bagi pemenang yang berhasil menjadi juara ke 1, 2 dan 3 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Ke VII akan diberi penghargaan oleh panitia .
Juara 1
1.      Tropi bergilir Rektor Universitas Galuh.
2.      Tropi tetap dan sertifikat.
3.      Uang pembinaan sebesar 800.000,-
4.      Masuk Fakultas Pertanian UNIGAL tanpa tes + beasiswa bebas uang SPP untuk semester pertama)*
Juara II
1.      Tropi tetap dan sertifikat .
2.      Uang pembinaan sebesar 650.000,-
3.      Masuk Fakultas Pertanian UNIGAL tanpa tes + beasiswa bebas uang SPP untuk semester pertama)*
Juara III
1.      Tropi tetap dan sertifikat.
2.      Uang pembinaan sebesar 500.000,-
3.      Masuk Fakultas Pertanian UNIGAL tanpa tes + beasiswa bebas uang SPP untuk semester pertama)*

*) untuk beasiswa tidak dapat diuangkan
  SUSUNAN PANITIA PELAKSANA
LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) KE VII
SEMA FAPERTA UNIGAL

Pelindung                   :  Dekan Fakultas Pertanian Universitas Galuh
Penasehat                    : Pembantu Dekan I, II dan III Fakultas Pertanian Universitas Galuh
                                        Ketua Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian
Penanggung jawab      : Ketua Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian
Ketua Pelaksana          : Dani Ramdani
Sekretaris                    : Irma Setiawati
Bendahara                   : Sulistiani Mardiah
Sie. Acara       
Koordinator                : Rian Kurnia
Anggota                      : Reni Herliani
Sri Mulyati
Essa Sri Sujayanti
Siti Khumairoh
Sie. Kesekretariatan
Koordinator                : Diki Bayu P         
Anggota                      :Eri
Yuri Tiara
Yuli Nurmayanti
Riswan Nugroho
Hendra Matna S
Sie. Pubdekdok          
Koordinator                : Arinda Franchiska
Anggota                      :Arie Sutriadi
Bif Hamzah W
Ahmad Jaelani S
Denda Zainul A
Nendi Nugroho
Sie. Dana Usaha
Koordinator                : Lesria Nurmala
Anggota                      :Galih Novian
Hengki Prastio W
Ridwan Adiputra
Sutarman Eka P
Akmaludin
Rani Fitriani

Sie. Konsumsi            
Koordinator                : Beti Nurjanah
Anggota                      :Rizal Mutaqin
Andi Pirmansyah
Yusuf Jamaludin


LATAR BELAKANG

 
Standar nasional pendidikan di Indonesia dibuat untuk menjamin mutu pendidikan nasional dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, membentuk watak , serta peradaban bangsa yang bermartabat. Pencapaian standar tersebut tidak hanya ditentukan oleh nilai-nilai akademiknya saja melainkan juga daya nalar, sikap dan prilaku peserta didiknya. Peserta didik diharapkan memiliki kemampuan berkomunikasi secara lisan dan tertulis, kemampuan berfikir analistis dan logis, serta kemampuan bekerja secara mandiri dan kelompok. Oleh karena itu, dalam upaya mendukung pencapaian misi menghasilkan insan didik yang cerdas komunikatif dan kompetitif, maka Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Galuh bermaksud untuk memfasilitasi hal tersebut dengan mengadakan sebuah kegiatan dengan bentuk Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Ke VII.
Pokok permasalahan dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Ke VII adalah sektor pertanian di Negara Indonesia yang terkenal sebagai Negara Agraris dengan mayoritas penduduknya adalah petani, sehingga sektor pertanian merupakan sektor yang sangat kuat dan tidak bisa dipisahkan dari perjalanan bangsa Indonesia. Akan tetapi, sektor pertanian yang memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap Bangsa dan Negara kurang mendapat perhatian dari berbagai pihak terutama dari generasi penerus Bangsa dan Negara.
Melalui Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Ke VII ini diharapkan melahirkan peserta didik yang memiliki kepedulian terhadap bidang pertanian dengan senantiasa berpikir untuk menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dipelajari dan dikuasai untuk mengembangkan dan memajukan sektor pertanian.
LANDASAN KEGIATAN
 
1.      Tri Dharma Perguruan Tinggi.
2.      Program Kerja Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Galuh Periode 2012/2013 yang di syahkan oleh Majelis Permusyawaratan Mahasiswa dan atas persetujuan pihak lembaga fakultas pertanian.
TUJUAN PELAKSANAAN

 


Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Ke VII  ini bertujuan sebagai berikut :
1.    Tujuan Intern
a.         Sarana pembelajaran bagi Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Galuh   dalam mengorganisasikan suatu kegiatan yang bersifat keilmuan.
b.        Sarana silturahmi Fakultas Pertanian Universitas Galuh dengan pelajar SMA/Sederajat Se-Wilayah Priangan Timur dan Kabupaten Cilacap.
c.         Sebagai ajang promosi Fakultas Pertanian Universitas Galuh.
2.    Tujuan Ekstern
a.         Meningkatkan kreativitas pelajar dalam bentuk pembuatan karya tulis ilmiah dalam bidang pertanian yang komunikatif dan disampaikan mengikuti kaidah ilmiah.
b.        Menumbuhkan dan mengembangkan minat serta bakat siswa dalam bidang karya tulis terutama dalam sektor pertanian.
c.         Meningkatkan daya nalar siswa dalam bidang keilmuan.
NAMA KEGIATAN
 
Kegiatan ini bernama Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) 2013

WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN KEGIATAN
 
Tahap 1       : penyerahan berkas karya tulis ilmiah paling lambat Rabu, 8 Januari 2014
Tahap 2       : penyeleksian karya tulis, Jumat - Sabtu, 10- 11 Januari 2014
Tahap 3       : pengumuman karya tulis yang masuk 10 besar, Sabtu -  Minggu, 11 - 12 Januari  2014
Tahap ke 4    : Technical meeting Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) ke VII dilaksanakan pada :
hari, tanggal                : Senin, 13 Januari 2014
waktu                          : 08.00 s.d. selesai
tempat                         : Lantai 2 Aula Fakultas Pertanian

Puncak  Kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Ke VII dilaksanakan pada :
hari, tanggal                : Kamis, 16 Januari 2014
waktu                          : 08.00 s.d selesai
tempat                         : Lantai 2 Aula Fakultas Pertanian
SASARAN KEGIATAN
 
Sasaran peserta kegiatan  LKTI  ini adalah Pelajar SMA/Sederajat Se-Wilayah Priangan Timur dan Kabupaten Cilacap.
DESKRIPSI KEGIATAN


 


Terlampir
SUSUNAN KEPANITIAAN


 


            Terlampir


JADWAL ACARA


 
Terlampir
ANGGARAN BIAYA


 


            Terlampir
TATA TERTIB PESERTA


 
Terlampir
DAFTAR SEKOLAH


 


Terlampir


PENUTUP


 


Demikian proposal ini kami susun, besar harapan kami semoga kegiatan Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) 2013 ini bisa berhasil dan berjalan dengan lancar, serta semoga kesuksesan kegiatan ini dapat menjadi fasilitator dalam mencapai tujuan bersama. Amiiin.....

Ciamis, 19 November 2013
PANITIA PELAKSANA
 LOMBA KARYA TULIS ILMIAH ( LKTI ) Ke VII
SEMA FAPERTA UNIGAL


Ketua Pelaksana


Dani Ramdani
NIM . 5009110044
Sekretaris


Irma Setiawati
NIM . 5009120043

Mengetahui,
Pembantu Dekan III FAPERTA
Universitas Galuh


Cecep Pardani, S.P., M.P.
NIK. 04. 3112770208
Ketua SEMA FAPERTA
Universitas Galuh


Novalia Anggara
NIM . 5009100009








Lampiran 1




DESKRIPSI KEGIATAN

Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Ke VII merupakan kegiatan kompetisi antara pelajar SMA/Sederajat Se-Wilayah Priangan Timur Dan Kabupaten Cilacap.
A. Definisi
            Karya tulis merupakan tulisan ilmiah hasil dari kajian pustaka dari sumber terpercaya yang berisi solusi kreatif dari permasalahan yang dianalisis secara runtut dan tajam, serta diakhiri dengan kesimpulan yang relepan.
B.  Persyaratan Peserta
Persyaratan Lomba Karya Tulis Ilmiah :
1.        Peserta LKTI Ke VII adalah Pelajar SMA/Sederajat Se-Wilayah Priangan Timur dan Kabupaten Cilacap yang dibuktikan dengan fotocofi kartu pelajar.
2.        Pelajar merupakan delegasi/perwakilan sekolah yang ditunjuk oleh pihak sekolah yang dibuktikan dengan surat rekomendasi dari kepala sekolah.
3.        Peserta sifatnya perseorangan dan hanya diperbolehkan mengirimkan satu karya tulis.
4.        Setiap sekolah diperbolehkan mengirim peserta lebih dari satu orang.
5.        Peserta belum pernah mengirimkan atau mempresentasikan karya tulis yang sama pada kompetisi lainnya.
6.        Berpakaian rapih dan sopan menggunakaan pakaian PSAS.
C.  Tahapan Lomba
1.         Tahap Pengiriman Naskah Karya Tulis.
Ø  Pengiriman naskah karya tulis ilmiah diterima di Sekretariat SEMA Fakultas Pertanian Universitas Galuh  paling lambat Rabu, 8 Januari 2014      
Ø  Fotocopy kartu pelajar yang masih berlaku
Ø  Surat rekomendasi dari kepala sekolah
Ø  Pas foto berwarna ukuran 3 x 4 sebanyak dua buah
Ø  soft copy karya tulis dalam bentuk CD dimasukan dalam satu amplop.
Ø  Naskah Karya Tulis Dikirimkan Kepada :
Panitia Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Ke VII Senat Mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Galuh Telp. 0265 775018 Jl. RE. Martadinata No. 150 Ciamis 46251.
2.        Tahapan Seleksi Karya Tulis Ilmiah (diambil 10 besar dari jumlah peserta) pada tanggal 9 – 10 Januari 2014
3.      Seluruh naskah yang masuk akan diseleksi oleh dewan juri yang ditunjuk oleh panitia, dengan memperhatikan aspek-aspek penilaian yang telah tertera dibawah ini.
No
Kriteria Penilaian
Bobot
1.
Format makalah
a.    Tata tulis : ukuran kertas tipografi, keterampilan ketik, tata   letak, jumlah halaman.
b.    Penggunaan Bahasa Indonesia yang baik dan benar.

10
2.
Kreatifitas gagasan
a.    Kreatifitas inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat.
b.    Keaslian gagasan.
c.    Kejelasan mengungkapkan ide, sistematika pengungkapan ide.


35
3.
Topik yang dikemukakan
a.    Kesesuaian judul dengan tema, topik yang dipilih dan isi karya tulis.
b.    Aktualitas topik dan pokus bahasa yang dipilih.

10
4.
Data dan sumber inovasi
a.    Kesesuaian informasi dengan acuan yang digunakan.
b.    Kekuatan data dan informasi.

15

5.
Analisis sintesis, sintesis dan simpulan
a.    Kemampuan menganalisis dan mensintesis
b.    Kemampuan menyimpulkan bahasa.
c.    Kemampuan memprediksi dan mentransfer ilmu untuk dapat diadopsi.


30

Total Penilaian
100

4.      Tahapan pengumuman hasil seleksi dan technical meeting
Panitia LKTI Ke VII akan menghubungi peserta yang lolos seleksi pada Ssenin 11 Januari 2014, diambil sebanyak 10 orang terbaik dan semua peserta yang masuk 10 besar harus mengikuti technical meeting untuk persiapan pelaksanaan presentasi LKTI Ke VII pada :
hari/tnggal                   : Selasa, 14 Januari 2014
waktu                          : 08.00 s/d Selesai
tempat                         : Lantai 2 Ruang Aula Fakultas Pertanian Universitas Galuh
             Jl. RE. Martadinata No. 150 Ciamis
5.      Tahap Presentasi Karya Tulis Sekaligus Penentuan Juara 1, 2 dan 3.
Bagi peserta yang terpilih sampai 10 besar harus mempresentasikan karya tulisnya di depan dewan juri. Adapun pelaksanaannya akan dilaksanakan pada :
hari/tnggal                   : 16 Januari 2014
Waktu                          : 08.00 WIB s/d Selesai.
Tempat                        : Lantai 2 Aula Fakultas Pertanian Universitas Galuh








Penilaian Presentasi Karya Tulis Ilmiah
No
Kriteria Penilaian
Bobot
1.
Penyajian :
a.       Sistematika penyajian dan isi.
b.      Alat bantu.
c.       Penggunaan bahasa yang baku.
d.      Cara presentasi ( sikap ).
e.       Ketepatan waktu.



40
2.
Tanya jawab
a.       Kebenaran dan ketepatan jawaban.
b.      Cara menjawab.

60
60

Total Bobot
100

Penyajian disampaikan secara sistematis, menyeluruh dalam waku 15 menit. Penjelasan dilakukan menggunakan bahasa yang baku dan sikap yang menarik serta menggunakan alat bantu yang disediakan (panitia menyediakan overhead proyektor / OHP dan infokus). Penentuan undian urutan presentasi dilakukan pada hari tersebut.
Pemenang ditentukan oleh dewan juri berdasarkan sekor kumulatif (skor penilaian karya tulis dan presentasi) tertinggi. Keputusan juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

D.    Tema
1.                   Strategi mewujudkan ketahanan pangan berbasis kearifan lokal
2.                   Pengebangan agroindustri pangan lokal unggulan
3.                   Dampak penyempitan lahan pertanian terhadap keadaan sosial ekonomi petani


E.     Rambu-rambu Penulisan Karya Tulis.
1.    Sistematika Penulisan.
a.    Bagian Awal
1.     Halaman Judul
v  Judul diketik dengan hurup kapital, hendaknya ekspresif, sesuai dengan tempat dengan masalah yang ditulis dan tidak menimbulkan penapsiran ganda.
v  Nama penulisan dan nomor induk siswa ditulis dengan jelas.
v  Logo sekolah.
v  Nama sekolah.
v  Tahun penulisan.
v  Kulit muka luar menggunakan kertas buffalo dengan warna hijau muda.
2.      Kata Pengantar dari Penulis.
3.      Daftar isi dan daftar lain yang diperlukan seperti daftar gambar, daftar tabel,dan daftar lampiran.
4.      Ringkasan (bukan abstrak) karya tulis disusun 2 atau 3 halaman yang mencerminkan isi keseluruhan karya tulis, mulai dari latar belakang, tujuan, landasan teori yang mendukung, metode penulisan, pembahasan, kesimpulan dan rekomendasi.

b.   Bagian Inti
1.    Pendahuluan
Bagian pendahuluan berisi hal-hal sebagai berikut :
v Perumusan masalah mencakup latar belakang tentang alasan mengangkat masalah tersebut menjadi karya tulis (dilengkapi dengan data atau informasi yang mendukung) dan penjelasan tentang makna penting dan menariknya masalah tersebut untuk ditelaah.
v Uraian singkat mengenai gagasan kreatif yang ingin disampaikan.
v Tujuan dan manfaat yang ingin disampaikan.
v Tujuan dan manfaat yang ingin dicapai melalui penulisan.


2.   Tinjauan Pustaka
Tinjauan pustaka berisi hal-hal sebagai berikut :
v Uraian yang menunjukkan landasan teori dan konsep-konsep yang relevan dengan masalah yang dikaji
v Uraian mengenai pendapat terdahulu yang berkaitan dengan masalah yang dikaji
v Uraian mengenai pemecahan masalah yang pernah dilakukan.

3.    Metode Penulisan
Penulisan dilakukan mengikuti metode yang benar dengan menguraikan secara cermat cara/prosedur pengumpulan data dan atau informasi, penggolongan data dan atau informasi, serta analisis sintesis.

4.    Analisis dan Sintesis
v Analisis permasalahan didasarkan pada data dan atau informasi serta tinjauan pustaka.
v Sintesis untuk menghasilkan alternatif model pemecahan masalah atau gagasan kreatif.

5.    Simpulan dan Saran.
v Simpulan harus konsisten dengan analisis permasalahan dan menjawab tinjauan.
v Saran disampaikan berupa kemungkinan atau prediksi transfer gagasan dan adopsi teknologi.

c.       Bagian Akhir
v daftar pustaka ditulis untuk memberi informasi sehingga pembaca dapat dengan mudah menemukan sumber yang disebutkan.
v daftar riwayat hidup peserta .
v lampiran jika diperlukan yang mendukung isi tulisan.

2.        Persyaratan Penulisan.
a.    Naskah, mulai dari pendahuluan sampai dengan kesimpulan dan saran, ditulis minimal 20 halaman dan maksimal 30 halaman.
b.    Naskah diketik 1,5 spasi dengan menggunakan jenis dan ukuran huruf “ times new roman “, kecuali untuk ringkasan diketik satu spasi.
c.    Batas pengetikan : sampay kiri 4 cm, samping kanan 3 cm, batas atas 3 cm,dan batas bawah 3 cm.
d.   Bahasa yang digunakan adalah Bahasa Indonesia yang baku dengan tata bahasa dan ejaan yang disempurnakan.
e.    Jenis kertas yang digunakan A4

F.     Rambu-rambu Pelaksanaan Presentasi
Pelaksanaan presentasi mengacu pada ketentuan sebagai berikut :
1.      Karya Tulis Ilmiah disajikan dalam waktu 15 menit.
2.      Tanya jawab dilakukan selama maksimal 30 menit.
3.      Pertanyaan dilakukan hanya oleh Dewan Juri.
4.      Selama presentasi peserta diwajibkan untuk berada dalam ruangan presentasi.
5.      Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

G.    Penilaian dan Penghargaan
Penilaian karya tulis dilakukan oleh tim juri yang berjumlah 3 orang yang berasal dari Staf Pengajar Fakultas Pertanian Universitas Galuh dan memiliki pengalaman dalam menilai karya tulis. Bagi pemenang yang berhasil menjadi juara ke 1, 2 dan 3 dalam Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Ke VII akan diberi penghargaan oleh panitia .
Juara 1
1.      Tropi bergilir Rektor Universitas Galuh.
2.      Tropi tetap dan sertifikat.
3.      Uang pembinaan sebesar 800.000,-
4.      Masuk Fakultas Pertanian UNIGAL tanpa tes + beasiswa bebas uang SPP untuk semester pertama)*
Juara II
1.      Tropi tetap dan sertifikat .
2.      Uang pembinaan sebesar 650.000,-
3.      Masuk Fakultas Pertanian UNIGAL tanpa tes + beasiswa bebas uang SPP untuk semester pertama)*
Juara III
1.      Tropi tetap dan sertifikat.
2.      Uang pembinaan sebesar 500.000,-
3.      Masuk Fakultas Pertanian UNIGAL tanpa tes + beasiswa bebas uang SPP untuk semester pertama)*

*) untuk beasiswa tidak dapat diuangkan

 








Lampiran 2


 


SUSUNAN PANITIA PELAKSANA
LOMBA KARYA TULIS ILMIAH ( LKTI ) KE VII
SEMA FAPERTA UNIGAL
Pelindung                   :  Dekan Fakultas Pertanian Universitas Galuh
Penasehat                    : Pembantu Dekan I, II dan III Fakultas Pertanian Universitas Galuh
                                        Ketua Jurusan Sosial Ekonomi Pertanian
Penanggung jawab      : Ketua Senat Fakultas Pertanian
Ketua Pelaksana          : Dani Ramdani
Sekretaris                    : Irma Setiawati
Bendahara                   : Sulistiani Mardiah

Sie. Acara                    : Reni Herliani
Rian Kurnia
Sri Mulyati
Essa Sri Sujayanti
Siti Khumairoh
Sie. Kesekretariatan    : Diki Bayu P         
Eri
Yuri Tiara
Yuli Nurmayanti
Riswan Nugroho
Hendra Matna S
Sie. Pubdekdok           : Arinda Franchiska
Arie Sutriadi
Bif Hamzah W
Ahmad Jaelani S
Denda Zainul A
Nendi Nugroho

Sie. Dana Usaha          : Lesria Nurmala
Galih Novian
Hengki Prastio W
Ridwan Adiputra
Sutarman Eka P
Akmaludin
Rani Fitriani
Sie. Konsumsi             : Beti Nurjanah
Rizal Mutaqin
Desi S
Andi Pirmansyah
Yusuf

















Lampiran 3
 


SUSUNAN ACARA
LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) KE VII
SEMA FAPERTA UNIGAL

Hari, Tanggal
Waktu
Kegiatan
Penanggung Jawab
Rabu, 16 Januari 2014
07.00 – 08.00
Checking peserta
Sie. Kesekretariatan
08.00 – 08.45
Upacara Pembukaan
Sie. Acara
08.45 – 09.00
Pembagian no urut
Sie Acara
09.00 – 12.00
Presentasi lomba karya tulis
Sie Acara
12.00 – 12.30
ISHOMA
Sie. Konsumsi
12.30 – 15.00
Lanjutan presentasi  Lomba Karya Tulis
Sie. Acara
15.00 – 15.30
Istirahat dan rekapitulasi nilai
Sie. Acara
15.30 – 16.00
Upacara Penutupan
Sie Acara
16.00 – 16.30
Pengumuman Kejuaraan
Sie. Acara








Lampiran 4
 


RENCANA ANGGARAN BIAYA
LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) KE VII
SENAT MAHASISWA FAKULTAS PERTANIAN UNIVERSITAS GALUH
No
Komponen
Satuan
Harga Satuan
Sub Total
(Rp)
Total
1
Sie. Acara
Tim juri
Tropi
Uang pembinaan
Batik panitia
Batik Fakultas
Hiburan

Jumlah

3 orang
1 paket
1 paket
40 orang
15 orang
1 paket

500.000
1.900.000
1.900.000
40.000
      40.000
1.000.000  
       
 


1.500.000
1.900.000
1.900.000
1.600.000
600.000
1.000.000

 









8.500.000
2
Sie. Kesektariatan
Kertas F4
Tinta printer
Sertifikat panitia dan peserta
Id card panitia dan peserta
Biaya photo copy
Atk
Amplop kecil
Amplop coklat besar
Map biasa dan batik
Penggandaan proposal
Penggandaan berkas info
Stemple
Kertas A4
Blocknote dan bolpoint panitia dan peserta
Stiker cutting
Pigura juara
Kalung medali
Jumlah

2 rim
1 paket
50 lembar
50 buah
50 buah
1 paket
2 pack
100 buah
10 buah
1 paket
1 paket
1 buah
1 rim
100 buah

100 buah
6 buah
3 buah

40.000
200.000
5.000
3.000
150.000
250.000
25.000
2.500
2.000
150.000
250.000
75.000
40.000
5.000

3.000
30.000
50.000

80.000
200.000
250.000
150.000
150.000
250.000
50.000
250.000
20.000
150.000
250.000
75.000
40.000
500.000

300.000
180.000
150.000




















2.845.000
3
Sie. Konsumsi

Snack meja
Undangan  dan Tim juri
Kunsumsi pesertadan pendamping
Konsumsi panitia
Konsumsi fakultas dan juri
Coffe break
Ø  Panitia  dan Peserta
Ø  Tim juri
Snack
Snack Juri
Aqua botol
Aqua gelas


Jumlah




1 paket

20 buah
50 buah
18 buah
1 paket
1 paket
70 buah
3 buah
1 dus
4 dus



100.000

15.000
15.000
20.000
250.000
100.000
10.000
15.000
60.000
20.000



100.000

3.000.000
750.000
360.000
250.000
100.000
700.000
45.000
60.000
80.000





















5.265.000
4
Sie. Dana usaha
Transfortasi         
Komunikasi
Konsumsi
Kwitansi
Jumlah

1 paket
1 paket
1 paket
2 buah

750.000
250.000
200.000
5.000

750.000
250.000
200.000
10.000




1.210.000
5
Sie. Pubdekdok
Pamphlet
Banner
Iklan (media masa dan elektronik)
Dokumentasi
Penyebaran undangan
Penataan ruangan
Batu baterai
Jumlah

1 paket
2 buah
2 buah
1 paket
1 paket
1 paket
4 buah


100.000
100.000
500.000
100.000
100.000
200.000
10.000


100.000
200.000
500.000
100.000
200.000
200.000
40.000









1.340.000

Jumlah Total
19.160.000

terbilang : sembilan belas juta seratus enam puluh ribu rupiah











Lampiran 5
 
  
Tata Tertib Peserta
Lomba Karya Tulis Ilmiah (LKTI) Ke VII
1.      Peserta diwajibkan hadir 15 menit sebelum upacara pembukaan dimulai
2.      Seluruh peserta wajib mengikuti upacara pembukaan
3.      Menggunakan pakaian rapi dan sopan (menggunakan pakaian PSAS)
4.      Selama kegiatan berlangsung peserta tidak diperkenankan meningglkan ruangan atau lokasi
5.      Tidak boleh merokok selama Lomba Karya Tulis berlangsung
6.      Hasil keputusan juri mutlak tidak dapat diganggu gugat












Lampiran 6
 

DAFTAR NAMA – NAMA SEKOLAH
PESERTA LOMBA KARYA TULIS ILMIAH (LKTI) KE VII
No
NamaSekolah

1
SMK PASUNDAN
2
MA KERTABUMI
3
SMK PGRI
4
SMA N 3 CIAMIS
5
SMK YASIRA
6
SMK LPS 1
7
SMK LPS 2
8
SMK HEPWETI
9
SMA N 1 BAREGBEG
10
MAN DARUSALAM
11
MAN SUKAJADI
12
SMA N 1 CIHAURBETI
13
MAN CIJANTUNG
14
SMA N 1 CIAMIS
15
SMA PLUS DARUSALAM
16
SMK TARUNA BANGSA
17
SMK KESEHATAN BAKTI KENCANA
18
SMA N 1 SUKADANA
19
SMA T AR- RISALLAH
20
MA AROHMAN
21
SMK N 1 CIAMIS
22
SMK N 2 CIAMIS
23
MAN 2 CIAMIS
24
SMA 2 CIAMIS
25
SMK YPT CIAMIS
26
MAS AL KAUTSAR
27
SMK FARMASI PASUNDANKAWALI
28
SMK N 1 KAWALI
29
SMK BAKTI PANUMBANGAN
30
SMA N 1 KAWALI
31
MIFTAHUL FAILAH
32
SMA N A1 PANJALU
33
MA NURUL HUDA
34
SMA N 1 CIHAUR BEUTI
35
MA MUJAHIDIN
36
SMA N 1 RAJADESA
37
SMA N 1 PANAWANGN
38
SMK N 1 CIPAKU
39
MA BABUSALAM
40
MA SURYALAYA
41
SMK 1 CIJULANG
42
SMA N 1 PANGANDARAN
43
SMK N 1 PADAHERANG
44
SMK N 1 PARIGI
45
SMK N 1 PANGANDARAN
46
SMK PUTERA PANGANDARAN
47
SMK AMS BANJARSARI
48
SMA N 1 BANJARSARI
49
SMA N 2 BANJARSARI
50
SMK PASUNDAN PAMARICAN
51
MAN PANGANDARAN
52
SMA N 1 LANGKAP LANCAR
53
SMK N 1 MUHAMADIAH BAJARSARI
54
SMA MUHAMADIAH BANJARSARI
55
SMA N 1 PARIGI
56
MA YPK CIJULANG
57
SMA N 1 CIMARAGS
58
SMK N 2 BANJAR
59
SMK PASUNDAN 2
60
SMK N 3 BANJAR
61
MAS PERSIS 85
62
SMK N 1 BANJAR
63
MAN DARUL HUDA
64
MAN DARUL ULUM
65
SMA N 1 BANJAR
66
SMA N 3 BANJAR
67
SMA BINA PUTRA
68
SMA N 1 RANCAH
69
SMA N 1 CISAGA
70
SMA N 1 LAKBOK
71
SMA N 2 BANJAR
72
SMK YAP
73
MAN 1 BANJAR
74
MAN AL-KAUTSAR
75
SMA N 1 PAMARICAN
76
MA MAARIF
77
MA AL-AZHAR
78
SPP-SPMA GARUT
79
SMA N 2 GARUT
80
SMA N 3 GARUT
81
SMA N 3 TAROGANG KIDUL
82
MA AL MUSSADADIYAH
83
SMA N 1 TAROGONG
84
SPMA YOS SUDARSO
85
SMA RYAN SULAIMAN
86
MA DARUL ARQAM
87
SMK SPP N GARUT
88
SMK YBKP3 GARUT
89
SMA CILEDUG GARUT
90
MA PERSIS TAROGONG GARUT
91
MAN 2 GARUT
92
SMA PGRI GARUT
93
SMA 15 GARUT
94
SMK SWADAYA KARANG NUNGGAL
95
SMA N 2 TASIK
96
MAN CIPASUNG
97
MA SURYALAYA
98
SMA N 7 TASIK
99
MAN AWIPARI
100
SMK BHAKTI KENCANA TASIK
101
SMA PANCA
102
MA AT TORIAH
103
SMA PLUS NURUL ILAWI
104
SMA 1 KARANGNUNGGAL
105
MAN BANTAR KALANG
106
SPMA N TASIK
107
SMA MUHANADIAH TASIK
108
MA AL-FURQON
109
SMK NUANSA
110
SMA ISLAM CIPASUNG
111
MAN SUKAMANAH
112
SMA PESANTREN CINTAWANA
113
SMA K.H.Z MUSTOFA










ACUAN KERJASAMA SPONSORSHIP
 


Kami selaku Panitia “Lomba Karya Tulis Ilmiah” memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada semua pihak untuk berpartisipasi dalam mendukung terselenggaranya acara ini. Segmen kami merupakan sebuah sarana yang menguntungkan untuk menyampaikan informasi bagi para pengusaha ataupun pihak lainnya dalam memberikan atau membuka wahana promosi yang akan ditawarkan. Berikut ini bentuk kerja sama yang kami tawarkan :
1.      SPONSOR TUNGGAL
Sponsor Tunggal adalah pihak yang menyediakan anggaran biaya 100 % dari total dana penyelenggaraan. Adapun hak-hak yang istimewa yang kami berikan adalah nama dan logo perusahaan akan dipromokasikan pada kegiatan publikasi acara , yaitu :
a.       ID Card panitia dan peserta
b.      Spanduk rentang
c.       Pamflet
d.      Backround panggung
e.       Iklan dan publikasi acara

2.      SPONSOR UTAMA
Sponsor Utama adalah pihak yang menyediakan anggaran biaya 80 % dari total dana penyelenggaraan. Adapun hak-hak yang istimewa yang kami berikan adalah nama dan logo perusahaan akan dipromokasikan pada kegiatan publikasi acara , yaitu :
a.       Spanduk rentang
b.      Pamflet
c.       Backround panggung
d.      Iklan dan publikasi acara

3.      SPONSOR MADYA
Spnsor Madya adalah pihak yang menyediakan anggaran biaya 50 % dari total dana penyelenggaraan. Adapun hak-hak yang istimewa yang kami berikan adalah nama dan logo perusahaan akan dipromokasikan pada kegiatan publikasi acara , yaitu :
a.       Spanduk rentang
b.      Backround panggung
c.       Iklan dan publikasi acara
4.      SPONSOR EKSEKUTIF
Sponsor Eksekutif adalah pihak yang menyediakan anggaran biaya 30 % dari total dana penyelenggaraan. Adapun hak-hak yang istimewa yang kami berikan adalah nama dan logo perusahaan akan dipromokasikan pada kegiatan publikasi acara , yaitu :
a.       Spanduk rentang
b.      Backround panggung
5.      SPONSOR BIASA
Sponsor Biasa adalah pihak perusahaan atau instansi yang mengambil jenis dari publikasi yang tertera atau sponsorship yang kami tawarkan dan sesuai dengan besarnya anggaran, bentuk, jenis, dan jumlah dalam proposal. Bentuknya adalah sebagai berikut :
a.       ID Card Panitia Dan Peserta
Design                   : Panitia
Ruang Sponsor      : Bagian Depan ID Card
Jumlah                   : 50 Buah
Harga                    : @ Rp. 3.000,-
b.      Background Panggung
Design                   : Panitia
Ruang Sponsor      : 10 %
Jumlah                   : 2 Buah
Harga                    : @ Rp.150.000,-


 



0 komentar:

Posting Komentar